Rabu, 13 Februari 2013

Pidato tentang kejujuran



Selamat  Sianggg!!!
Yth. Ibu Guru
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai
     Marilah kita bersama-sama memanjatkan Puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena berkat perlindungan dan karunianya , kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan baik dan sehat pada hari yang cerah ini.
Teman-teman sekalian…
     KEJUJURAN merupakan sebuah kata yang dikenal oleh hamper semua orang. Bagi yang telah mengenal kata JUJUR mungkin sudah tahu apa itu makna dari kata “JUJUR” tersebut. Namun masih banyak yang tidak tahu sama sekali dan ada juga yang tahu maknanya secara samar-samar. Berikut saya akan mencoba memberikan pemahaman sebatas kemampuan saya tentang makna dari kata JUJUR.
   
Kata jujur adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sikap   seseorang. Bila seseorang berhadapan dengan suatu atau fenomena maka seseorang itu akan memperoleh  gambaran tentang  sesuatu  atau fenomena tersebut. Bila seseorang  itu  menceritakan informasi tentang  gambaran  tersebut kepada orang lain tanpa ada “perubahan” (sesuai dengan realitasnya ) maka sikap yang seperti itulah yang disebut dengan jujur.

Sesuatu atau fenomena yang dihadapi  tentu  saja apa yang ada pada diri sendiri atau di luar diri sendri. Misalnya keadaan atau kondisi tubuh, pekerjaan yang telah atau sedang  serta  yang akan dilakukan. Sesuatu yang teramati juga dapat   mengenai benda, sifat dari benda tersebut atau bentuk  maupun model. Fenomena yang teramati boleh saja yang berupa suatu peristiwa, tata hubungan sesuatu dengan lainnya. Secara sederhana dapat dikatakan apa saja yang ada dan apa saja yang terjadi. Kejujuran juga bersangkutan dengan  pengakuan. Dalam hal ini kita ambil contoh , orang Eropa membuat pernyataan atau menyampaikan informasi, bahwa ….orang pertama sekali yang sampai ke Benua Amerika adalah  Cristofer Colombus…Padahal menurut sejarah yang berkembang, sebelum Colombus mendarat di Benua Amerika telah sampai kesana armada Laksmana Cheng ho. Artinya apa,  tidak ada pengakuan. Dalam hal ini kita juga melihat persoalan kesesuaian antara fenomena (realitas) dengan informasi yang disampaikan.

           Jadi , apa yang disebut dengan jujur adalah sebuah sikap yang selalu berupaya menyesuaikan atau mencocokan  antara  Informasi dengan fenomena. Makanya JUJUR itu bernilai tak terhingga. Dan berani JUJUR itu HEBAT!!! Dan saya rasa sekian ,, Terimakasih atas kesempatan yang diberikan , mohon maaf jika ada salah kata. Selamat Siang dan sampai jumpa dilain waktu ;;)









                                             

                                          Created By : Claraa Inggreastuti ;;)Follow me on Twitter @claraaDangerous :) Mention For Follback:))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar