Minggu, 17 Februari 2013

Hasil kebudayaan Bangsa Assyiria

  " BANGSA ASSYIRIA "

Bangsa Assyria adalah bangsa penganut polytheisme yang berhasil menguasai seluruh daerah Mesopotamia (kecuali Mesopotamia selatan yang masih dibawah kuasa Neo-Babylonia). Bangsa Assyria menyembah dewa Assyur atau dewa matahari namun masyarakat Assyria mulai menganut agama Kristen yang berpusat di Gereja Timur karena adanya pengaruh dari Kekaisaran Roma.
Pada abad ke-7 Bangsa Arab mulai masuk Assyria. Pada masa ini Assyiria mengalami Arabisasi dan Islamisasi namun bangsa Pri-bumi Assyria yang telah menganut Kristen melakukan perlawan untuk mempertahankan etnis Mesopotamia, warisan, identitas, nama dan Mesopotamia Aram dialek sebagai bahasa ibu. Masa masuknya pengaruh Islam-Kristen ini disebut Neo-Assyria.
Raja-raja yang pernah berkuasa  di kerajaan Assryia adalah Raja Sargon II (kelanjutan Raja Sargon Akkadia), Raja Sennacherib, dan Raja Assurbanipal. Bangsa Assyria telah menguasai ilmu Astrologi, yaitu ilmu perbintangan dan ilmu Astronomi, yaitu ilmu tengtang benda-benda angkasa. Bangsa ini juga mengenal pemagian tahun menjadi 365 1/4 hari.
Bangsa Assyria lambat laun mulai melemah karena adanya pergolakan politik, etnis dan agama antara Islam Arab dengan Kristen Roma. Hal ini diketahui oleh Neo-Babylonia atau Chaldea. Bangsa ini mulai menyerang Kerjaan Assyria. Penyerangan sampai puncaknya pada tahun 612 SM hingga membuat kerajaan ini kehilangan ibu kotanya yaitu Niniveh.
Perekonomian masyarakat Assyria bertumpu pada bidang pertanian dengan hasilnya antara lain, gandum, zaitun, buah anggur, dan sayur mayor. Pekerjaan berdagang pada masyarakatnya dianggap rendah, sehingga mereka tidak suka berdagang. Bagi orang yang meninggal tradisinya diberi pakaian lengkap dan dalam menguburkan mayat dibarengi dengan ratapan terhadap orang yang meninggal.
 
 
Hasil kebudayaan bangsa Assyria:
  •  Dibangunnya perpustakaan besar yang terdiri dari 22.000 lempeng tanah liat dan dengan tulisan paku.
  • Astronomi dan astrologi dengan pembagian waktu 1 hari=24 jam, 1 minggu=7 hari, dan 1 tahun= 365 ¼ hari.
  •  Berkembangnya seni sastra secara pesat pada masa Assurbanipal.
  •  Berkembang ilmu arsitektur, matematika, dan seni pahat.
Bangsa Assyria dikenal sebagai bangsa yang suka perang.

semoga bermanfaat ;;)


Follow @claraaDangerous :) Mention For Follback :)

1 komentar: