Kamis, 16 Mei 2013

7 Cara Mencari Teman yang Baik

1.Berdoa kepada Allah
Bagi anda yang sangat-sangat ingin mendapakan teman yang baik, yang menghibur hati ketika saat berduka, yang menemani anda ketika dalam keadaan senang maupun ketika anda susah. Maka, cara inilah yang harus anda lakukan . yaitu berdoa kepada tuhan pemilik alam semesta ini. Yang telah menciptakan makhluk berpasang pasangan. Zat yang telah mencukupkan nikmatnya kepada seluruh hambanya yang ia kasihi. Anda harus berdoa kepadanya dengan penuh harap. Sadari pula bahwa anda hambanya yang lemah. Maksud saya, jangan pernah sekali kali anda merasa tidak membutuhkan-Nya.
Berdoa merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan sebab hanya Allahlah yang mampu menggerakkan hati seorang hamba. Dan dialah zat yang mampu memberikan hidayah kepada hambanya. Hal ini pernah dilakukan oleh baginda rasulullah saw. Ketika beliau berdoa kepada Allah agar ia menjadikan umar sebagai sahabatnya yang akan meninggikan ajaran yang dibawa oleh baginda rasulullah saw.
So, tidak ada salahnya dan tidak ada dosanya anda mencoba cara ini.
2. Mendekatkan diri kepada orang soleh
Bagaimana mungkin anda akan mendapatkan teman yang baik sementara anda asyik pergi ketempat-tempat hiburan. Maka cara ini perlu anda lakukan. Anda harus pergi ketempat tempat pengajian, majlis ilmu (ta’lim), masjid yang merupakan tempat orang saleh. Karena teman yang anda cari adalah teman yang baik. Maka, dari itu teman yang baik tidak mungkin anda temukan ditempat hiburan malam, tempat diskotik ataupun bar dan cafĂ© yang banyak menyebabkan seseorang jatuh kepada lembah kemaksiatan.
Satu hal yang harus anda ketahui bahwa cara ini telah saya buktikan. Dan terbukti berkhasiat (hehehe, seperti jamu saja ya, pakai khasiat-khasiat segala). Bagi anda yang enggan mendatangi tempat-tempat seperti masjid maka saran saya anda harus membiasakannya dari sekarang. Anda tidak perlu ragu. Karena sebentar lagi hidayah Allah paasti akan turun kepada anda.
3. memperbanyak bersilaturahmi kepada sanak saudara
Ketika saya pergi ketempat saudara saya, saya merasa bahwa saya telah mendapat banyak sekali pelajaran dan motivasinya. Banyak sekali dijelaskannya kepada saya baik itu dimulai dari moivasi menuntut ilmu, hingga kepada pribadi dan akhlak yang baik. Hal ini sangat bagus anda praktekan. Karena rasulullah telah menganjurkan umatnya untuk bersilaturahmi. Karena silaturahmi mampu mendatangkan rezeki dan memperpanjang umur. Juga perlu anda sadari bahwa bagaiman pun dan sesibuk apapun anda. Jangan pernah meninggalkan budaya silaturahmi pada diri anda, karena hal ini sangat perlu anda lakukan karena hal ini mampu mempererat tali persaudaraan seseorang.
4. memasang wajah ceria dan simpatik kepada orang lain
Hal ini merupakan salah satu sebab yang akan mendorong anda mendapatkan teman yang baik. Karena anda akan menjadi pribadi yang baik dan disenangi oleh orang banyak. Orang yang baik pasti berteman dengan orang baik. Begitu juga sebaliknya. Begitu anda sadar bahwa ia teman yang baik. maka jangan terburu-buru dulu untuk banyak-banyak menceritakan perihal mengenai hidup anda. Tapi cobalah mencoba untuk tidak berlebih-lebihan dalam berbicara.
5. memperbaiki diri
Menjadi persoalan yang aneh apabila ada seorang ustad berteman kepada pereman kampung. Bagaikan seekor kucing berteman kepada seekor tikus. Hal yang harus anda lakukan adalah memperbaiki diri anda. Apaka anda sudah pantas berteman kepada orang saleh ataukah sebaliknya anda belum pantas berteman dengannya.
Memperbaiki diri adalah cara yang akan menjadikann anda pribadi yang disukai. Karena sesungguhnya semut akan mendatangi tempat yang manis yakni gula. Begitu anda yakin bahwa anda sudah baik maka teruslah memperbaiki diri.
6.Aktif mengikuti kegiatan bakti sosial
Seorang teman yang baik pasti ia akan selalu mendatangi tempat yang baik. Maka bagi anda yang ingin mendapatkanteman yang baik. Maka cara ini akan mampu menghantarkan anda kepada teman yang baik. Anda pun harus mendekatkan diri kepada orang yang aktif dalam kegiatan bakti sosial. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang suka berbelas kasih. maka seorang teman akan menyadari bahwa teman yang baik akan selalu ada bagi mereka yang mendedikasikan waktunya ketempat-tempat yang baik.
7. berfikir positif
Berfikir positif sangatlah penting dalam kehidupan yang akan anda jalani. Seiring dengan perjalanan waktu, anda akan akan menemukan batu kerikil, yang akan meyusahkan perjalanan anda, akan banyak sekali rintangan dan gangguan. Ketika anda mencoba mendatangkan pikiran positif kepada pikiran anda maka anda pun akan menjadi seorang yang tahan banting.


semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar