Kamis, 16 Mei 2013

Makanan yang cocok bagi penderita penyakit Jantung

              Ini adalah informasi selintas tentang makanan sehat penyakit jantung, bagi Anda yang belum mengetahuinya simaklah selintas pembahasan makanan yang diperbolehkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda apabila sedang mengalami gangguan kesehatan pada penyakit jantung.
Bagi penderita penyakit jantung mungkin sebagian orang ada yang tidak mengetahuinya apa makanan yang baik dan sehat untuk penyakit jantung, nah kali ini Anda harus tahu apa makanan sehat tersebut. Karena dalam prilaku hidup sehat pastinya kesehatan tubuh Anda akan terasa lebih baik dan terhindar dari yang namanya virus penyakit dan lain  sebagainya. Makanan Sehat Penyakit Jantung memang sangat penting untuk diketaui, maka dari itu bagi siapa saja yang yang belum mengetahui apa makanan yang paling dan sehat tentunya bagi penderita penyakit jantung.
Sebelum Anda mengetahui makanan apa yang baik untuk penyakit jantung, terlebih dahulu Anda harus tahu apa penyakit jantung itu sendiri, dan mari kita bahas. Penyakit Jantung  merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Dan penyakit jantung ini biasanya dikatakan dengan penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung, dan juga disebut penyakit arteri koroner. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi yang disebut aterosklerosis yang terjadi ketika bahan lemak dan zat-zat lainnya membentuk plak pada dinding arteri.

Makanan Sehat Penyakit Jantung

makana sehat penyakit jantung
  1. Ikan Salmon : Ikan seperti yang kita ketahui banyak mengandung asam lemak omega 3 dan salmon ini termasuk didalamnya. Asam Lemak Omega III ini berperanan dalam menjaga kadar kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah dan juga menekan resiko pembekuan darah yang berlebihan, sehingga ikan salmon adalah salah satu makanan yang baik bagi jantung.
  2. Gandum : Gandum adalah salah satu jenis makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Hal ini disebabkan gandum mengandung zat yang disebut dengan beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat.
  3. Kacang : Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal. Sehingga dengan kita mengkonsumsi kacang akan menambahkan lemak yang sehat (HDL) yang justru diperlukan bagi tubuh kita.
  4. Kedelai : Kedelai dalam hal ini baik bagi kesehatan jantung kita, karena dapat membantu dalam hal menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebanyak 8 %.
  5. Cokelat : Orang yang sangat menyukai cokelat tentunya akan merasa senang, karena dari sebungkus cokelat dark kaya akan zat antioksidan dan juga zat pengurang kolesterol. Pecinta cokelat bisa merasa senang karena sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol. Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.
  6. Minyak Zaitun : Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.
  7. Bluberi : Bluberi merupakan salah satu makanan top pembasmi penyakit. Hal ini, karena bluberi mengandung anthocyanin, antioksidan yang diperoleh dari warna biru bluberi. Makanan lezat ini kaya akan serat, vitamin C. Mengkonsumsinya akan memuaskan selera lidah sekaligus mewujudkan jantung Anda yang lebih sehat.
  8. Oatmeal : Oat merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral serta serat yang efektif menurunkan kolesterol. Diet yang kaya oat bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa oat menurunkan kadar kolesterol, menjaga agar tetap pada kadar normal dan membantu mencegah beberapa jenis kanker tertentu.
  9. Bayam : Popeye tahu manfaat bayam. Bayam merupakan kekuatan utama dari kerajaan sayuran. Warnanya yang gelap berasal dari berbagai macam phytochemical, vitamin, dan mineral (khususnya folat dan besi) yang berperan melawan penyakit, melindungi dari penyakit jantung, serta mempertajam pandangan mata.
Itulah makanan sehat penderita penyakit jantung yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar jantung tetap beroperasi dengan baik. Dengan mengkonsumsi makanan sehat tersebut insyallah ksehatan tubuh akan lebih terjaga dan pastinya menjadikan kesehatan lebih optimal dikarenakan setiap makanan sehat tersebut dapat memberikan efek positif terhadap tubuh yang disebabkan karena banyak mengandung vitamin dan protein yang dapat menjaga tubuh lebih bugar.


Semoga bermanfaat :)
Follow me on Twitter @claraaDangerous :) Mention for follback:)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar